Minggu, 21 November 2010

kerasanya jalanan


K’Naan, Dari kerasnya Kehidupan Jalanan Hingga Menjadi Penyanyi Terkenal Dunia

K’Naan melalui liku hidup yang panjang sebelum berhasil menjadi pencipta lagu dan penyanyi rapper terkenal.
K’Naan
Meskipun Negara asalnya Somalia tidak lolos piala dunia 2010 di Afrika Selatan, namun suara emas khas Somalia K’Naan akan menghentak stadium setiap pertandingan berlangsung.
K’Naan 31 tahun adalah seorang muslim yang mempunyai nama lahir Keinan Warsame. Ia lahir di kota Mogadishu, Somalia, sebuah negara yang identik dengan perang saudara dan para bajak laut.
Kehidupan kecilnya sangat mencekam, ia pernah menjadi tentara anak-anak, sesuatu yang lumrah di Somalia saat itu. Setiap hari korban mati akibat perang saudara terjadi, banyak teman kecilnya mati akibat peluru.
Ayah K’Naan adalah seorang intelektual dan ibunya seorang penyanyi. Saat usianya 14 tahun, di tahun 1991 keluarga K’Naan memutuskan untuk pergi dari Somalia karena keadaan yang tidak aman disana.
Negara pertama yang dituju adalah Amerika Serikat. Di Amerika Serikat. Ia dan keluarganya berangkat dengan pesawat komersial terakhir. Namun di kota Harlem, New York setiap hari K’Naan melihat kehidupan keras anak-anak jalanan kulit hitam, sesuatu yang bertolak belakang dengan hati nuraninya. Karena itu ia mengkritik para pembuat film yang mengisahkan cerita indah tentang perang. “Bagaimana film bisa mengisahkan perang itu indah” Ujarnya.
Setelah enam tahun hidup di Amerika Serikat, mereka pindah ke Kanada, dimana kelak karirnya sebagai penyanyi menjadi fenomena tersendiri yang melambungkan namanya seantero dunia dengan lagu Wavin’ Flag.
Terpilihnya Lagu Wavin’ Flag terpilih menjadi lagu resmi Coca Cola untuk Piala Dunia Afrika Selatan 2010 banyak mengundang kontroversi.
Coca Cola telah melakukan seleksi ketat dari ratusan lagu. Kualitas musik dan kepribadian penyanyinya menjadi salah satu penilaian penting sebelum memutuskan lagu yang terpilih mewakili perusahaan tersebut.  “K’Naan  berasal dari Afrika (benua dimana Piala Dunia Berlangsung), dia bukan bintang pop karbitan dan lagunya sangat bernuansa selebrasi” ujar Joe Belliotti, kepala pemasaran global entertainment memberi alasan.
K’Naan bergabung dengan Sony BMG dan berhasil mendapat penghargaan Canadian Grammy (Juno Award) untuk Best Rap Recording.
Dari syair lagunya, terlihat jelas semangat selebrasi, kebebasan dan dunia damai tanpa perang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger