Selasa, 16 November 2010

keputusan hidup

Pentingnya Sebuah Keputusan Dalam Hidup

by Fadly Muin on May 4, 2009

Anda pasti tahu definisi KEPUTUSAN bukan?
Sekedar untuk menyatukan persepsi, secara sederhana, keputusan bisa kita artikan sebagai suatu ketetapan yang sudah di tentukan dan tidak bisa di rubah-rubah lagi, kecuali ada keputasan baru yang menggantikannya. artinya, sebuah keputusan di entaskan tidak sembarang, penuh dengan pertimbangan yang matang, yakin dan tegas.
Bicara soal keputusan, pasti ada tujuan yang tertentu, kenapa seseorang bisa mencetuskan sebuah keputusan yang solid.
inilah yang akan menjadi pembicaraan kita kali ini.
Dalam artikel sebelumnya, saya Sudah membahas tentang “Prinsip Dasar Menentukan Pilihan Hidup“. dan dalam artikel tersebut sangat erat kaitannya dengan sebuah keputusan. pilihan saja tidaklah cukup. seseorang akan membutuhkan tambahan vitamin agar pilihannya memiliki ketetapan mental yang kuat. maka jawabannya adalah KEPUTUSAN.
Disinilah peran penting sebuah keputusan. sebagai alat yang akan mengontrol pilihan yang sudah kita tentukan. Seperti yang sudah saya jelaskan dalam artikel sebelumnya, bahwa hidup ini sangat kompleks penuh dengan pilihan-pilihan yang dinamis, namun membingungkan. Jika kita tidak memiliki metode yang ampuh untuk mengontrolnya, maka bisa jadi kita akan terombang-ambing ke muara yang tidak jelas yang sebenarnya tidak kita inginkan.
Dengan adanya sebuah keputusan maka, kita akan terbantu dalam menentukan pilihan hidup. akan kemana dan mau menjadi apakah gerangan diri kita ini. secara signifikan, keputusan akan membantu membentuk dan menggiring kita ke sebuah jalur hijau untuk kita lalui dengan senang hati dan penuh rasa percaya diri.
ngomong-ngomong apakah anda sudah membuat sebuah keputusan?  atau apakah anda sudah mempunya pilihan hidup?
Disinilah penentu arah kehidupan anda.
Anda butuh sebuah pilihan hidup, dan anda perlu membungkus pilihan itu menjadi sebuah keputusan yang harus anda patuhi. Jika tidak maka jangan salahkan orang lain jika penyakit-penyakit mental menjangkiti diri anda.:-)
jika mengacu pada kerangka spiritualitas / Keagamaan, maka pilihan hidup beserta keputusannya, akan mengarah pada “HAKIKAT KETUHAN”. Tapi untuk mencapai pada titik itu, diperlukan ketajaman panca indera yang lebih maksimal lagi. Sebelum mencapai pada titik itu, maka diperlukan pendekatan secara humanisitik / manusiawi.
Lalu kenapa kok menjalankan hidup saja perlu sebuah keputusan segala..?
ada yang bilang, hidup ini yah dijalani saja.. benar! hidup memang musti dijalani. Tapi anda perlu sadari, bahwa manusia ini memiliki interpertasi yang sangat beragam. Dan untuk mengatasi hal itu, kita perlu sebuah keputusan, agar menjalankan hidup ini penuh dengan keyakinan dan keteguhan hati.
Sebagai contoh:
Katakanlah anda sebenarnya ingin berwirausaha dan tidak ingin kerja kantoran. Tapi pada kenyataannya anda masih tetap bekerja kantoran dan tidak berwirausaha.
Tentunya ada banyak hal yang bisa mempengarhui situasi seperti itu. Faktor financial biasanya adalah yang paling dominan dalam hal ini. Tapi yang paling penting dan sering dilupakan, adalah ketakutan dalam mengambil KEPUTUSAN.
Untuk kisah nyatanya, saya sarankan anda membaca kisah Mas Jonru, yang resmi berhenti sebagai pekerja kantoran dan mulai berwirausaha, sejak Tanggal 16 Maret 2007.
Kisah Mas jonru adalah salah satu bukti bahwa pentingnya sebuah keputusan, untuk melangkah lebih pasti menuju kehidupan yang kita inginkan.
ada satu manfaat yang paling menonjol jika seseorang sudah mengambil sebuah keputusan. yaitu Fungsi Kontrol yang paling efektif. keputusan akan mengontrol pilihan hidup yang sudah anda putuskan. Sebuah pilihan akan dilakukan berdasarkan  keteguhan hati. Ketegaran  yang berada didalam diri kita masing-masing. Tanpa campur tangan pihak manapun.

TIPS MENGAMBIL KEPUTUSAN YANG TEPAT


KEPUTUSAN TEPAT
KEPUTUSAN TEPAT ?
Menentukan suatu keputusan tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan sebab keputusan yang telah ditentukan akan mempengaruhi kehidupan kita pada masa yang akan datang.
Mengambil keputusan untuk sesuatu yang penting bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika keputusan tersebut merupakan keputusan yang menentukan pendapatan anda dan atau gerak bisnis perusahaan anda.
Anda pasti butuh waktu lama untuk mengambil keputusan yang terbaik. Bahkan Anda akan dilanda “pusing bahkan stres” karena belum dapat melihat hasil yang nyata dari keputusan yang anda buat.
Berikut tips mengambil keputusan yang tepat :
1. JANGAN TAKUT mengambil keputusan. Akibatnya bukan kita yang mengambil keputusan tapi keadaanlah yang memberikan keputusan kepada kita.
2. EMOSIONAL pada saat mengambil keputusan jangan dilakukan, tenangkan diri dengan cara  cuti bila yang sedang bekerja atau cari hiburan yang bisa menurunkan emosional anda ,setelah tenang  gunakanlah pertimbangan yang matang.
3.Berpikir secara rasional dan menghitung plus minus resiko dan keuntungan dari setiap keputusan yang hendak kita ambil.
4. Awasi setiap perkembangan keadaan yang mungkin akan mengubah keputusan Anda sewaktu-waktu.
5. DEADLINE / Batas terakhir, kapan keputusan itu harus ditetapkan. Setelah itu tentukan deadline untuk diri sendiri, kapan keputusan tersebut sudah harus Anda buat. Catat tanggal yang Anda tentukan sebagai batas deadline.
6. Tentukan beberapa alternatif keputusan dari data dan informasi yang telah terkumpul. Pelajari dan pertimbangkan nilai atau bobot masing-masing alternatif tersebut, mana yang paling pas dan tepat.
7. Ketika Anda telah mempelajari dan mempertimbangkan dengan matang alternatif keputusan tersebut, jangan ragu menentukan keputusan terbaik dari beberapa alternatif keputusan yang ada. Ingat, keragu-raguan hanya akan membuat keputusan yang sudah Anda ambil “mentah” kembali.
8. Informasikan keputusan yang Anda buat pada waktu yang tepat dan pastikan bahwa Anda didukung oleh data yang kuat, akurat, dan relevan.
9. Jangan takut memaparkan argumen Anda, seandainya ada pihak yang merasa keberatan.
Setelah mengambil sebuah keputusan, apa pun hasilnya salah atau benar, Anda harus  memfokuskan kinerja Anda untuk menjadi yang terbaik dari apa yang telah diputuskan.
Semoga bermanfaat dan selamat mengambil keputusan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger